Kerusakan Pada Roti

Kerusakan Roti

Artikel kami kali ini juga masih seputar  tentang rotirotian. Pernahkah terpikir dibenak saudara mengapa makanan yang sering sekali kita jumpai ini (roti) bisa mengalami suatu kerusakan dan pembusukan??? Nah, pada artikel kami kali ini akan membahas tentang topik tersebut  karena hal ini sangatlah penting apalagi bagi para penggemar roti, haruslah lebih selaktif dalam memilih roti.

Bicara tentang pembusukkan dan kerusakan roti, maka hal yang pertama kali terlintas di benak kita adalah kata jamur. Ya, memang benar pembusukan dan kerusaakan roti memang paling sering berhubungan dengan jamur dan yang paling parah jika jamur-jamur itu sampai pada tangan konsumen kita. Selain ditandai  dengan dengan tumbuhnya jamur pada roti kerusakan roti juga juga dapat ditandai dengan perubahan tekstur roti tersebut yang menjadi tak halus lagi dan mengalami suatu yang namanya staling atau  basi.  Staling ini mengacu pada peningkatan ketegasan remah dalam membuat roti yang tidak diinginkan untuk konsumen. Selain itu, staling dikaitkan dengan peningkatan kelembutan kerak dan penurunan rasa pada roti yang masih segar.

Staling pada dasarnya adalah sebuah struktur pati dan migrasi kelembaban pada produk roti, reaksi staling bisa terjadi mulai pada saat roti tersebut mulai dipanggang, kemudian butiran pati pada adonan roti mulai menyerap air, menjadi agar-agar kemudian mengalami pembengkakan. Amilase dan rantai amilopeptin terpisah satu sama lain dan menjadi terlarut , kemudian ketika roti itu didinginkan molekul Pati dan amilopeptin ini kembali berekristalisasi . dan proses ini dinamakan retrogradasi. Lalu pada akhirnya akan terjadi peningkatan ketegasan karena struktur kaku telah terbentuk. Dan lama kelamaan jika roti sudah melewati masa kadaluarsa tapi belum dikonsumsi maka akan timbul ragi liar atau lendir yang mampu menyebabkan cacat rasa dalam roti setelah mengalami pemanggangan dan akhirnya jamur itu menyebabkan pembusukan dan kerusakan roti kita.  Demikianlah artikel yang dapat Nytha Bakery sampaikan pada pembaca, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: