Sejarah Roti

Tahukah kamu???? Roti , ternyata merupakan salah satu produk pangan yang paling awal  dan diproduksi dalam skala besar di mesir sejak 1000 tahun sebelum masehi. Ternyata sudah lama juga ya roti itu diproduksi oleh manusia. Lalu, bahan baku apa saja yang pada waktu itu digunakan?? Yapz, bahan baku roti yang digunakan waktu itu cukup sederhana, yaitu hanya dengan tepung terigu, air, garam dan yeast (pengembang roti). Dalam pembuatannya roti, tepung terigulah yang mempunyai peranan yang besar disini, mengapa tidak?? Tepung terigu mempunyai presentase yang lebih besar dari pada bahan yang lainnya yaitu sekitar 60-70 %. Tepung terigu yang digunakan pun juga harus mempunyai kadar protein dan karbohidrat yang cukup dan sesuaisehingga nantinya fermentasi roti dapat berjalan dengan baik. Dalam pembuatan roti ini protein berfungsi sebagai pembentuk struktur dan elastisitas roti, sedangkan untuk karbohidratnya sendiri berfungsi sebagai penyerap air dan energi bagi yeast.

Bahan pembuatan roti yang tak kalah penting di kala itu ialah air. Ternyata roti membutukkan air berkisar antara 30-40 % dari adonan roti, air ini berfungsi sebagai pelarut untuk mengidrasi tepung terigu dan bahan- bahan lainnya. Bahan selanjutnya adalah garam, meskipun bahan yang satu ini hanya dibutuhkam dalam jumlah sedikit, tapi jangan menyepelekkannya. Walaupun dalam pembuatan roti garam hanya dibutuhkan berkisar antara 1-2 %, tapi garam tetap mempunyai peranan dalam keberhasilan pembuatan roti, yaitu sebagai peliat gluten dalam adonan roti, mengendalikan fermentasi, dan memberikan flavor yang dikehendaki. Satu lagi bahan yang sangat penting dan harus ada dalam pembuatan roti yaitu yeast atau ragi. Dalam pembuatan roti kebutuhan ragi itu sama dengan banyaknya kebutuhan garam yaitu antara 1-2 %, ragi ini umumnya sebagai pengembang adonan roti dan memberi flavor pada roti.

Bahan – bahan tersebut ialah bahan baku dalam pembuatan roti, tapi dewasa ini pembuatan roti dapat ditambahkan dengan bahan-bahan lain seperti gula, enzim, lemak, yeast nutient, pengawet, emulsi fier, vitamin, dll. Demikianlah info yang dapat kami berikan pada pembaca, semoga artikel dari Nytha Bakery ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: